Laman

Wednesday, July 27, 2016

Mengunjungi Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara - informasitravellingindonesia

Meski masa liburan telah lewat mungkin Anda masih rencanakan untuk berlibur? Ada banyak pilihan tempat yang bisa Anda temukan di Indonesia. Anda tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke luar negeri bila ingin melihat lautan yang sangat indah. Karena Indonesia memiliki Taman Nasional Wakatobi di mana kawasan ini terkenal dengan pesona lautnya.



Kawasan yang terletak di Sulawesi Tenggara tersebut tidak hanya menjadi tempat wisata yang menarik namun memiliki manfaat yang luar biasa. Manfaat Taman Nasional Wakatobi atau fungsi Taman Nasional Wakatobi di antaranya sebagai kawasan yang dilindungi pemerintah karena memiliki penghuni yang beraneka ragam.

Cerita Taman Nasional Wakatobi


Mengunjungi Taman Nasional Wakatobi tidak hanya mendapat pemandangan yang menakjubkan tetapi Anda juga akan terkesima dengan berbagai penghuni laut. Misalnya terumbu karang yang besar dan berwarna-warni di mana menjadi rumah sebagian spesies laut. Taman Nasional Wakatobi diresmikan pada tahun 1996 oleh pemerintah. Keberadaan berbagai jenis spesie lauts yang jumlahya tidak terkira yaitu sekitar seribuan membuat kawasan ini wajib dilindungi agar tetap terjaga kelestariannya. Karang-karang yang berwarna warni bahkan berbentuk gua indah di bawah laut Taman Nasional Wakatobi.

Hasil observasi Taman Nasional Wakatobi membuktikan ada banyak spesies langkah yang menghuni kawasan ini. Di antaranya hidupnya Ikan Paus Sperma atau biasa disebut Physeter Macrocephalus yang kerap muncun ke permkaan laut. Ada juga Ikan Pari Manta atau Manta Ray yang juga bisa ditemukan berenang-renang di dalam laut. Tentu masih banyak spesies langka laut lainnya yang bisa Anda temui di Taman Nasional Wakatobi ini.

Taman nasional yang menjadi salah satu tujuan utama wisatawan asing mengunjungi Sulawesi tersebut diurus dan dikelola oleh lembaga resmi yaitu Balai Taman Nasional Wakatobi. Mereka juga sejak lama membuat kanal khusus untuk memperkenalkan kawasan ini lebih dalam lagi. Waktu paling tepat bila ingin bermain air di taman nasional ini adalah sekitar bulan April sampai dengan Agustus. Sebab kawasan Wakatobi memilii dua musim yaitu musim panas yang berjalan mulai bulan April hingga Agustus, dan musim hujan yang di mana berjalan antara bulan September hingga awal April.

Pastinya Anda tidak ingin menyiakan waktu berlibur Anda di taman nasional tersebut hanya dengan berdiam menikmati hujan. Jadi Anda memang wajib membuat riset waktu yang tepat ketika berencana mengunjungi atau berwisata ke Taman Nasional Wakatobi ini.



Anda bisa menyewa berbagai peralatan olahraga air seperti peralatan snorkling dan diving. Ada banyak juga penginapan dengan berbagai pilihan harga yang bisa menjadi tempat Anda menginap ketika mengunjungi taman nasional. Tapi jangan lupa untuk pintar memilih dan menawar agar pas dengan kantong Anda karena biasanya ada perbedaan harga bagi wisatawan lokal atau pun asing.

No comments:

Post a Comment